Rekomendasi Beberapa Cara Berhenti Merokok Untukmu!

Bagi kamu yang memilih berhenti merokok berarti kamu telah memberikan kesempatan kepada diri kamu untuk memilih hidup sehat dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi memilih berhenti merokok merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Beberapa orang mengalami kesulitan untuk mencoba komitmen membiasakan diri tidak merokok. Jika kamu berniat untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok, namun belum berhasil maka kamu tidak perlu cemas. Ternyata cukup banyak cara yang dapat kamu coba untuk sukses berhenti merokok.

Kegagalan dalam menerapkan cara berhenti merokok disebabkan karena kamu hanya terpaku pada satu kiat saja. Kamu dapat berusaha untuk memadukan beberapa cara lho, agar rencana kamu untuk berhenti merokok berhasil. Namun, kamu tetap perlu mengingat bahwa berhenti merokok ialah proses yang perlu dijalani dengan bertahap serta membutuhkan niat maupun tekad yang kuat.

Sumber : https://www.kompasiana.com

Apakah kamu cukup penasaran bagaimana kiat jitu untuk menanggulangi ketergantunganmu terhadap rokok? Inilah beberapa ulasannya!

  1. Mengelola Stress
READ  Gejala dan Cara Mengatasi Aerophobia

Salah satu alasan bagi seseorang memilih untuk merokok biasanya dapat dipicu karena stress atau munculnya beban pikiran. Dengan merokok, maka seseorang merasa dapat lebih rileks dan tenang.
Apabila kamu tengah mengalami stress, kamu bisa mencoba cara lain untuk mengelolanya diantaranya yaitu mendengarkan musik, pijat, atau  melakukan yoga. Jika kamu mampu mengelola stress dengan baik melalui hal lain, maka itu dapat dikatakan sebagai cara berhenti merokok yang jitu untuk kamu. Selain itu, pada awal-awal masa berhenti merokok, kamu juga dapat sebaik untuk menghindari situasi yang dapat menyebabkan stress sebagai pemicu keinginan merokok.

  1. Terapi Penggantian Nikotin (Nicotine-Replacement Therapy / NRT)

Sebagaimana diketahui bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok berarti telah banyak mengomsumsi nikotin.  Apabila terjadinya situasi  adanya asupan nikotin yang tiba-tiba berhenti dapat membuat perokok menjadi frustrasi. Rasa frustasi inilah yang biasanya membuat perokok kembali merokok. Melalui terapi penggantian nikotin maka rasa frustrasi atau gejala putus obat tersebut dapat lebih diringankan efeknya.

READ  Akalasia adalah Penyakit pada Kerongkongan

Sumber : https://indydailyreporter.com

NRT juga merupakan cara berhenti merokok melalui mekanisme pelepasan nikotin dalam kadar rendah secara kontinyu ke dalam pembuluh darah. Dilansir dari laman alodokter, Unsur nikotin dari NRT  tidak mengandung tar, karbon monoksida,  dan bahan kimia berbahaya lain yang biasanya terdapat dalam rokok. Prosedur NRT mendukung dalam mengurangi hasrat tubuh untuk  merokok ketika tubuh merasakan asupan nikotin yang hilang. NRT dapat diberikan melalui media beragam contohnya  permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit dapat pula dengan cara disemprotkan ke mulut atau hidung.

  1. Menyeruput air dingin dengan sedotan

Kamu dapat mencoba salah satu cara unik untuk mengatasi kesulitan cara berhenti merokok yaitu dengan menghirup air dingin menggunakan sedotan. Menghirup air dingin menggunakan sedotan dapat menjadi cara pengganti untuk keinginan mengisap batang rokok. Berdasarkan laman Hello Sehat, hal lain lainnya yang menguntungkan ialah dengan menghirup air dingin melalui sedotan maka akan melepaskan dopamine sebagai bahan kimia otak yang membantu meringankann suasanan hati kurang baik. Kamu juga dapat mengganti keinginan mengisap batang rokok dengan memakan cemilan ringan yang sehat.

  1. Catat hal positif apabila kamu berhasil berhenti merokok
READ  Pengaruh Bahaya Zat Beracun yang Terkandung dalam Asap Rokok

Terdapat banyak perokok yang enggan berhenti merokok karena merasa hal tersebut dapat menyiksa diri. Kamu perlu tahu nih, bahwa dengan berhenti merokok justru akan mendatangkan banyak manfaat pada tubuh dan kesehatanmu. Berdasarkan hal itu, maka bagi kamu yang sedang mencoba cara berhenti merokok, kamu harus mencoba mencatat hal positif yang kamu dapatkan apabila kamu berhasil berhenti dalam beberapa waktu seperti perasaan yang terkendali, pengehematan uang, dan sebagainya. Melalui hal-hal positif tersebut kamu akan semakin semangat untuk berhenti merokok sehingga cara yang kamu lakukan dapat berhasil.

Itulah beberapa cara berhenti merokok yang patut kamu coba dari sekarang? Jika bukan kamu yang menjaga tubuh dan kesehatanmu, siapa lagi?

You May Also Like