Pengaruh Bahaya Zat Beracun yang Terkandung dalam Asap Rokok

Rokok merupakan tanaman tembakau yang digulung atau digiling dengan kertas, daun atau kulit jagung yang mempunyai panjang sekitar 8-10 cm. Rokok juga bisa  membuat kecanduan dan berperilaku aneh. Produk tersebut sudah lahir sejak zaman dahulu. Namun, orang-orang tidak menghiraukan bahaya zat yang ada di dalamnya.

Seperti dilansir hellosehat.com, Salah satu zat yang paling berbahaya yaitu karsinogen. Zat tersebut bisa menyebabkan kanker pada kesehatan manusia. Karena penyakit kanker menjadi pembunuh berbahaya setelah penyakit jantung. Karbon monoksida yang ada di dalam asapnya menjadi racun bagi tubuh.

Berikut adalah pengaruh bahaya asap rokok pada fungsi organ manusia. Terutama pada kesehatan bayi. Karena perokok pasif atau orang yang menghirup rokok secara terus menerus. Bisa menyebabkan terganggunya fungsi organ dan perkembangan emas bayi.

Bisnisindonesia.com

Tekanan Darah Tidak Normal

Dilansir hellosehat.com, tekanan darah yang tidak normal membuat aliran darah ke pembuluh kapiler berkurang, Sehingga, kamu akan mengalami kekurangan oksigen darah. Berbagai penyakit akan mudah melemahkan sistem kekebalan tubuh.

READ  5 Manfaat Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Mendapatkan Tubuh Sehat

Namun, kamu bisa menghindari orang yang merokok. Karena asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Kamu bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Kurangi makanan instan supaya zat beracun mudah keluar dari tubuh. Dilansir bisnisindonesia.com, kamu harus terus menjaga kekebalan tubuh.

Melemahkan Kekebalan Tubuh

Dilansir bisnisindonesia.com, kekebalan tubuh melemah jika menghirup zat beracun setiap harinya. Ciri-ciri melemahnya kekebalan tubuh yaitu anak sering jatuh sakit. Sehingga, kamu harus mengonsultasikannya kepada dokter supaya mendapatkan pengarahan secara tepat.

Karena dilansir hellosehat.com, paparan zat seperti tar bisa menyebabkan rambut halus di saluran penapasan rusak. Tar mengandung karbon dan hidrokarbon yang berbahaya. Jika zat asap rokok tersebut terhirup oleh tubuh. Maka, bisa membuat seseorang kecanduan dan mengalami batuk.

READ  Afasia Adalah Gangguan Bicara

Bahaya Bagi Kandungan

Dilansir bisnisindonesia.com, wanita yang sedang mengandung sangat rentan terhadap penyakit. Sehingga, kamu harus meningkatkan pola makanan bergizi dan sehat. Periksakan kandungan secara berkala supaya mengetahui kondisi kesehatan janin.

Selain itu, bahaya zat rokok bisa meningkatkan sel darah putih. Jika sel darah putih meningkat dalam jumlah tinggi, bisa menyebabkan kerusakan dan peradangan. Penyakit berbahaya dilansir hellosehat.com menyebabkan stroke, kanker, serangan jantung bisa mengintai.

Menimbulkan Penyakit Rematik

Dilansir hellosehat.com, penyakit rematik dan multiple sceloris merupakan autoimun. Di mana, bagian tubuh tertentu mengalami peradangan. Sehingga, sendi-sendi mengalami nyeri dan sakit. Seperti dilansir bisnisindonesia, bahwa perokok pasif menampung lebih dari 4000 bahan kimia.

Kamu bisa mencegah asap rokok yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, meningkatkan asupan vitamin D. Seperti menjemur tubuh di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit setiap harinya. Mengonsumsi buah dan sayuran juga sangat baik bagi tubuh.

READ  Aerophobia Adalah Ketakutan Naik Transportasi Udara

Menyebabkan Asma

Dilansir bisnisindonesia.com, penyumbatan pernapasan bisa menyebabkan  asma. Penderita akan mengalami sesak napas yang sering kambuh. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam atau paru-paru. Karena dokter akan memberikan penanganan dan arahan yang tepat.

Untuk mencegah penyakit asma, kamu juga bisa mengihindari perokok aktif. Sehingga, bahaya asap rokok tidak mudah mengikis sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dilansir hellosehat.com, kamu bisa mengindari sumber penularan penyakit. Seperti kontak langsung dengan orang yang mengalami penyakit infeksi.

Demikian pengaruh beberapa bahaya zat adikitf pada asap rokok bagi sistem kesehatan. Jika kamu termasuk golongan perokok aktif dan tidak bisa berhenti, kamu bisa menguranginya. Misalnya mengganti rokok dengan permen. Sehingga, kamu bisa menyelamatkan kesehatan tubuh orang lain, khususnya anak-anak.

You May Also Like