Akalasia adalah Penyakit pada Kerongkongan

Akalasia adalah Penyakit pada KerongkonganSumber: alodokter.com

Penyakit akalasia ini memang tidak familiar bagi masyarakat umum karena memang merupakan penyakit yang cukup langka terjadi. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang cukup parah. Oleh karena itu kamu perlu untuk mengetahui berbagai hal tentang penyakit ini. Jadi, sebenarnya apa itu akalasia? Dikutip dari hellosehat.com akalasia adalah gangguan pada kerongkongan yang merupakan penghubung antara mulut dan perut. Sedangkan menurut alodokter.com akalasia adalah kondisi di mana hilangnya kemampuan kerongkongan untuk mendorong makanan atau minuman dari mulut ke lambung. Penyakit ini cukup langka dan dapat menyerang orang dari berbagai usia, biasanya kebanyakan penderita berusia paruh baya dan yang mengalami gangguan autoimun. Akalasia adalah penyakit yang tidak terjadi secara tiba-tiba, namun ini merupakan penyakit yang berkembang secara bertahun-tahun. Tentunya ini adalah penyakit serius yang menjadi momok dan cukup mengerikan karena dapat menyerang siapa saja.

READ  Afasia Adalah Gangguan Bicara

Apa saja gejala yang dapat dirasakan atau dialami oleh orang yang menderita penyakit ini?  Menurut doktersehat.com tidak semua kasus akalasia menimbulkan gejala. Namun ada beberapa orang penderita akalasia mengalami kesulitan makan dan cairan dengan gejala muntah, tersedak dan batuk. Mungkin beberapa gejalanya sedang kamu alami sekarang. Gejala umum dari akalasia adalah penderitanya mengalami kesulitan ketika menelan atau terasa sakit pada dada ketika menelan. Penderita juga akan merasakan gejala batu, rasa panas dalam perut, sakit dada, muntah, dan ada suara ketika bernapas. Untuk beberapa kasus, penderita dapat memuntahkan kembali makanannya. Gejala ini cukup jelas dan dirasakan secara langsung. Tentunya gejala yang muncul akan sangat menganggu dan menyakitkan, oleh karean itu kamu perlu untuk berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya akalasia?  Menurut alodokter.com penyakit ini terjadi ketika saraf mengalami kerusakan pada dinding kerongkongan yang menghubungkan mulut dan lambung sehingga organ berhenti berfungsi secara normal. Akalasia adalah hasil dari kerusakan saraf pada kerongkongan. Ada lingkaran otot pada suaratu titik di mana kerongkongan dan perut dapat bertemu, yang disebut katup kerongkongan bahwa yang pada penderita tidak mengendur ketika menelan makanan. Pada beberapa kasus, akalasia disebabkan oleh infeksi virus, genetik dan kondisi autoimun.

READ  Aerophobia Adalah Ketakutan Naik Transportasi Udara

Ada beberapa faktor yang diduga berpotensi meningkatkan resiko dari penyakit akalasia seperti gangguan sistem imun. Penyakit ini diduga disebabkan kesalahan sistem imun yang menyerang saraf kerongkongan sehingga menurunkan fungsinya. Faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini adalah terjangkit penyakit chagas. Penyakit chagas adalah peradangan menular yang disebabkan oleh infeksi parasit Tryponosoma cruzi. Infeksi ini sering menyerang anak-anak, namun tetap bisa menginfeksi semua kalangan.

Bagaimana dengan diagnosis dan pengobatannya? Gejala akalasia mirip dengan gangguan pencernaan pada biasanya. Untuk mendiagnosis penyakit ini, dokter akan merekomendasikan beberapa tes seperti manometri esofagus, yaitu tes yang mengukur kontraksi otot ritmik di esofagus ketika menelan, koordinasi otot kerongkongan dan seberapa baik cincin otot atau spingter esofagus di bagian bawah rileks atau membuka selama menelan. Tes lainnya yang dapat dilakukan adalah sinar X atau rontgen pada bagian sistem pencernaan bagian atas. Ini diambil setelah pasien meminum cairan khusus untuk melapisi saluran pencernaan. Ini memudahkan dokter melihat siluet esofagus, lambung dan usus bagian atas. Tes selanjutnya adalah endoskopi saluran cerna bagian atas dengan cara memasukkan tabung tipis dan lentur yang dilengkapi dengan kamera ke tenggorokan untuk memeriksa bagian dalam esofagus dan perut.

READ  Gejala dan Cara Mengatasi Aerophobia

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini. Akalasia adalah penyakit yang dipengaruhi beberapa faktor dan butuh penanganan dokter untuk mengatasinya.

 

You May Also Like